Ini Dia 5 Cara Merawat Blender Supaya Tahan Lama

Sumber: popmama.com
banner 468x60

Blender alat dapur yang sangat umum digunakan di masyarakat. Hampir semua orang punya dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari terutama yang suka menghaluskan bumbu untuk memasak. Tapi sudah tahukah Anda bagaimana caranya merawat blender supaya tahan lama terlepas dari berapa harga blender yang Anda beli, cara Anda merawatnya juga sangat berpengaruh pada ketahanan blender tersebut.
Begini cara merawat blender supaya tahan lama:

  1. Gunakan mata pisau yang benar

Selalu menggunakan mata pisau dengan benar. Saat akan menghaluskan bumbu kering selalu gunakan mata pisau yang lebih kuat dan juga tabung grinder yang ukurannya lebih kecil. Jangan sampai salah menggunakan mata pisau. Sebab bisa membuat mata pisau patah saat digunakan. Jadi hati-hati saat memilih mata pisau yang akan Anda gunakan saat akan menghaluskan bahan makanan atau bumbu.

  1. Jangan isi tabung blender lebih dari setengah kapasitas wadah

Ini penting sekali untuk kamu yang sering menghaluskan bahan yang basah terutama, sebab gelasnya besar kadang kita berpikir bisa diisi sebanyak-banyaknya yang penting isinya tidak tumpah. Padahal sebaiknya kita mengisinya maksimal setengah saja dari ukuran gelas tersebut kalau memang ingin blender lebih tahan lama umurnya. Saat kita mengisi terlalu banyak motor blender harus bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan mesin terlalu panas dan bisa cepat rusak jika memaksa motor bekerja keras setiap kali menyala. Saat menghaluskan bahan yang basah usahakan isi dengan air yang cukup juga untuk memudahkan proses penghalusan. Jadi motor kerjanya lebih ringan saat memutar mata pisau.

  1. Blender jangan terlalu lama dihidupkan

Siapa di sini yang suka sekali meninggalkan blender saat menyala? Maksimal gunakan blender 30 menit dan bukan menyala terus-menerus ya. Matikan sesekali blender jika proses penghalusan belum selesai. Bahan yang akan dihaluskan sebaiknya dipotong manual baru diblender supaya prosesnya lebih cepat dan penggunaan blender tidak terlalu lama. Sebab blender yang terlalu bekerja akan terlalu panas mesinnya dan ini bisa menyebabkan kerusakan.

  1. Segera cuci blender setelah digunakan

Setelah menggunakan blender jangan dibiarkan dalam keadaan kotor terlalu lama. Sebaiknya langsung cuci blender dan simpan kembali di tempat yang kering. Cara membersihkan blender juga mudah yaitu isi air dalam wadah yang akan dibersihkan cukup seperempat saja lalu nyalakan blender sebentar. Buang air tersebut lalu lap kering wadah blender yang sudah bersih. Hanya wadah dan mata pisau yang dibersihkan ya, bagian blender yang ada kabelnya tidak perlu karena akan menyebabkan korslet dan kerusakan pada blender.

  1. Jaga ketajaman mata pisau

Sudah tahu triknya untuk mengasah mata pisau blender? Jika diasah manual tentu repot ya. Ada cara mudah untuk menajamkan mata pisau cukup kasih garam 2 sendok makan. Hidupkan blender sebentar untuk menajamkannya. Bisa dilakukan setiap hari jika memang dibutuhkan. Atau setiap selesai menggunakan blender.

Begitu cara merawat blender supaya tahan lama. Paling penting juga yang menentukan ketahanan blender adalah harga blender yang Anda beli. Ada rupa ada harga. Jadi tak ada salahnya memilih produk yang harganya sedikit lebih mahal untuk mendapatkan blender yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Jangan hanya karena tergiur harga blender yang murah Anda malah buang-buang uang karena tidak dapat menggunakannya lebih lama. Harga blender saat ini yang merek ternama juga sudah banyak yang terjangkau apalagi banyak juga yang mengeluarkan blender tangan yang lebih praktis untuk digunakan dengan wadah apa pun yang ada di rumah.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.